Monday 25 May 2015

Cara install Wine Versi Terbaru di Ubuntu 14.10 melalui terminal

0

Wine adalah program open source yang bisa digunakan untuk menjalankan banyak software berbasis Windows di dalam sistem operasi linux.

Secara lengkap menuruthttp://id.wikipedia.org/wiki/Wine_%28perangkat_lunak%29
"Wine merupakan sebuah proyek yang bertujuan untuk membuat agar sistem operasi bertipe Unix (Unix-like) dan sistem X-Windows yang berjalan pada suatu komputer pribadi dapat menjalankan program yang khusus dibuat untuk Microsoft Windows. Alternatifnya, mereka yang ingin melakukan pemangkalan (porting) suatu aplikasi Windows ke sistem Unix-like dapat melakukan kompilasi melalui pustaka Wine dalam bentuk Winelib.[1]
Nama "Wine" merupakan akronim dari Wine Is Not An Emulator (Wine bukanlah emulator) dan kadang disebut juga sebagai Windows Emulator. Walaupun nama ini juga muncul dalam bentuk "WINE" dan "wine", pengembang proyek ini telah menyepakati untuk melakukan standardisasi nama dan menyebutnya sebagai "Wine". "

Berikut cara untuk menginstal Wine di Linux melalui perintah terminal :

$ sudo add-apt-repository ppa:ubuntu-wine/ppa
$ sudo apt-get update
$ sudo apt-get install wine1.7 winetricks
 
 
 
Melalui command di terminal menggunakan command "sudo add-apt-repository ppa:ubuntu-wine/ppa". Ya, PPA adalah semacam repositori tambahan untuk instalasi aplikasi.

 

0 comments:

Post a Comment