Thursday 10 July 2014

LAPORAN "RANGKAIAN SENSOR CAHAYA (LDR)"

3



“Sensor cahaya adalah komponen elektronika yang dapat/berfungsi mengubah suatu besaran optik (cahaya) menjadi besaran elektrik. Sensor cahaya berdasarkan perubahan elektrik yang dihasilkan dibagi menjadi 2 jenis yaitu :
1.      Photovoltaic : Yaitu sensor cahaya yang dapat mengubah perubahan besaran optik (cahaya) menjadi perubahan tegangan. Salah satu sensor cahaya jenis photovoltaic adalah solar cell.
2.      Photoconductive : Yaitu sensor cahaya yang dapat mengubah perubahan besaran optik (cahay) menjadi perubahan nilai konduktansi (dalam hal ini nilai resistansi). Contoh sensor cahaya jenis photoconductive adalah LDR, Photo Diode,Photo Transistor. “
Pada percobaan rangkaian aplikasi kali ini akan  menggunakan sensor cahaya yaitu LDR.  Aplikasi rangkaian dengan LDR kali ini ialah Rangkaian Pendeteksi Cahaya. Pada rangkaian ini menggunakan lampu LED sebagai indicator deteksi cahaya.

Adapun daftar komponen elektronika yang kita butuhkan untuk membuat rangkaian ini. Berikut ini daftarnya.
1.                  LDR
2.                  LED
3.                  Resistor 100 Ohm
4.                  Resistor 470 Ohm
5.                  Potensiometer
6.                  Transistor SC 828
7.                  Baterai 9 Volt

Berikut ini adalah gambar Rangkaian Pedeteksi Cahaya :
Berikut hasil rangkaian yang sudah di rangkai pada papan pcb 

Prinsip Kerja Rangkaian :

Light Dependent Resistor atau yang biasa disebut LDR adalah jenis resistor yang nilainya berubah seiring intensitas cahaya yang diterima oleh komponen tersebut. Ketika LDR tidak diberikan suatu cahaya maka LED pun akan menyala dan sebaliknya ketika LDR diberikan suatu cahaya atau pada kondisi terang maka LED akan mati atau tidak menyala. Pada saat cahaya terang LDR menjadi konduktor yang baik, atau bisa disebut juga LDR memiliki resistansi yang kecil pada saat cahaya terang. Potensiometer digunakan untuk mengatur kepekaan LDR dalam rangkaian ini. Dalam rangkaian ini menggunakan resistor untuk memberikan hambatan agar komponen yang diberi tegangan tidak dialiri dengan arus yang besar, serta dapat digunakan sebagai pembagi tegangan. Dalam rangkaian ini menggunakan transistor SC 828 yang digunakan sebagai saklar yang terhubung ke LED.



Kesimpulan
Prinsip kerja LDR yaitu nilai resistansinya akan bertambah besar apabila tidak terkena cahaya dan akan berkurang resistansinya apabila terkena cahaya.  
 Ide pengembangan :
-      -    Sistem Counter Penghitung barang
Prinsip kerja dengan memanfaatkan sensor cahaya yang terhubung dengan rangkaian counter, jadi saat ada barang yang menutup sensor maka sensor akan mengirimkan sinyal ke rangkaian counter yang dapat ditampilkan ke display counter.

-      -  Aplikasi system alarm otomatis
Prinsip kerjanya sensor cahaya dihubungkan dengan alarm/buzzer sebagai tanda  alarm. Sensor bisa diletakan di jendela, sehingga saat jendela terbuka dan sensor mendeteksi cahaya maka alarm akan berbunyi sebagai tanda.

3 comments:

Post a Comment