Wednesday 26 March 2014

Sensor Ultrasonic + Arduino (Alat Pengukur Tinggi Badan)

1

Pengukur Tinggi Badan Menggunakan sensor Ultrasonic
Sensor ultrasonic adalah sensor yang bekerja berdasarkan prinsip pantulan gelombang suara, dimana sensor menghasilkan gelombang suara yang kemudian menangkapnya kembali dengan perbedaan waktu sebagai dasr pengindraannya. Perbedaan waktu antara gelombang suara yang dipancarkan dan yang diterima kembali adalah berbanding lurus dengan jarak atau tinggi objek yang memantulkannya.


Arduino adalah pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan dari Wiring platform, dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Hardwarenya memiliki prosesor Atmel AVR dan softwarenya memiliki bahasa pemrograman sendiri.
Gambar Arduino

 Arduino mengendalikan kinerja sensor ultrasonik dan sensor ultrasonik memberikan data ke arduino yang kemudian di proses oleh arduino.







Prinsip Kerja
Pada aplikasi sensor ultra sonic yang dapat digunakan untuk mengukur tinggi, pada alat ini sensor akan mengukur tinggi badan. Dan mengirimkan data ke arduino. Dalam arduino data di proses. Pada arduino dapat melakukan pengendalian di sensor ultrasonik. Arduino juga dapat menampilkan data yang dihasilkan dari sensor ultrasonic ke layar monitor.

Ide pengembangan
Sensor ultrasonic ini dapat di terapkan pada wahana taman bermain, sehingga pada permainan tertentu yang t erdapat tinggi badan minimal. Sehingga keamanan/keselamatan agar anak2 yg tinggi badannya dibawah minimal, tidak bisa masuk seenaknya ke wahana mainan yg ditentukan.

1 comments:

Post a Comment